PELANTIKAN PENGURUS OSPUM VI PERIODE 2021-2022

Pelantikan Pengurus Organisasi Santri Pondok Pesantren Al-Umm Malang (OSPUM) masa bakti 2021-2022 dengan tema “Mewujudkan OSPUM Sebagai Wadah Kepemimpinan yang Beradab dan Berprestasi” yang dilaksanakan di Lapangan Serbaguna YBM pada hari Kamis, 10 Shafar 1443 H atau yang bertepatan dengan 16 September 2021 M, dihadiri oleh Ketua YBM sekaligus pengasuh Pondok Pesantren al-Umm Malang, al-Ustadz Dr. K.H. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag; hafidzahullahu ta’ala, Mudir Tanfidzi Pondok Pesantren al-Umm Malang, Bendahara YBM, dewan asatidzah dan musyrif, segenap tamu undangan, dan seluruh santri Pondok Pesantren Al-Umm Malang.

Acara dimulai pukul 19.45 WIB yang diawali dengan penampilan hiburan berupa penampilan dari tim Mushikawa Karate-Do Indonesia dan Drama Inspiratif  Kun Fayakun. Acara dilanjutkan dengan Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci al-Qur’an, Sambutan Ketua OSPUM periode 2020-2021 Muhammad Aprilian Naufali, dan Sambutan Mudir Tanfidzi Pondok Pesantren al-Umm Malang al-Ustadz K.H. M. Syu’aib al-Faiz, Lc., M.Si; hafidzahullahu ta’ala.

Dalam sambutannya, al-Ustadz K.H. M. Syu’aib al-Faiz, Lc., M.Si; atau yang akrab disapa Yai Faiz tersebut, sedikit bernostalgia setahun sebelum pelantikan tersebut. Tepatnya pada Pelantikan Pengurus OSPUM periode 2020-2021 dan pertama kalinya beliau mengepakkan sayapnya menjadi Mudir Tanfidzi Pondok Pesantren al-Umm Malang. Beliau masih ingat betul bahwa di acara tersebut, pencahayaan yang tersedia masih minim. Dimana pencahayaan hanya terfokus pada panggung, dan tidak ada pencahayaan untuk para audiens. Setelah acara tersebut, Yai Faiz menceritakan bahwa para pimpinan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah pencahayaan di lapangan itu. Hingga akhirnya, sekitar Ramadhan 1442 H masalah pencahayaan teratasi. Sehingga bisa digunakan untuk Halaqoh al-Qur’an dan acara-acara lainnya seperti malam tersebut.

Lanjutnya, Yai Faiz mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada pengurus OSPUM angkatan V. Beliau juga berharap agar pengurus OSPUM yang sudah memasuki masa purnabakti, tetap bisa memberikan teladan yang baik bagi seluruh santri. Beliau juga berharap agar pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dapat diminimalisir, sehingga santri Al-Umm semakin disiplin.

Beliau juga menyampaikan bahwa di pelantikan yang akan datang, akan diadakan seleksi bagi calon pengurus OSPUM. Seleksi tersebut akan mencakup seputar keterampilan, komunikasi, hingga softskills dalam memimpin. Ucapan selamat bertugas pun tak lupa beliau sampaikan kepada pengurus OSPUM baru angkatan VI. Semoga dapat menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya, tidak arogan, dan tetap mengedepankan adab sebagai penuntut ilmu.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) tentang pengurus OSPUM angkatan VI oleh Yai Faiz, serah terima jabatan secara langsung, dan pembacaan ikrar pengurus OSPUM. Di periode kali ini, OSPUM memiliki delapan divisi dengan memecah salah satu divisi yang ada sebelumnya. Kedelapan divisi tersebut adalah Divisi Keamanan dan Kedisiplinan, Divisi Dakwah dan Taklim, Divisi Bahasa dan Informasi, Divisi Kebersihan dan Tata Ruang, Divisi Kesehatan dan Kemanusiaan, Divisi Olahraga dan Ekstrakurikuler, Divisi Logistik dan Pendistribusian, dan Divisi Sarana dan Prasarana sebagai divisi ke delapan.

Setelah pembacaan ikrar pengurus, acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Organisasi Santri Pondok Pesantren al-Umm Malang (OSPUM) angkatan VI, Arthur Dimas Alfandi. Dalam sambutannya, Dimas menyampaikan ucapan terima kasih kepada asatidzah dan musyrif yang telah memberikan kepercayaan kepada OSPUM angkatan VI ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pengurus OSPUM sebelumnya atas kinerja dan kerja keras yang telah diberikan kepada pondok. Dimas juga berharap kepada anggota OSPUM VI agar bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, dan mengimplementasikan tema pelantikan pada acara tersebut, yaitu “Mewujudkan OSPUM Sebagai Wadah Kepemimpinan yang Beradab dan Berprestasi.”

Acara dilanjutkan dengan wejangan sekaligus do’a oleh Pengasuh Pondok Pesantren al-Umm Malang al-Ustadz Dr. K.H. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag; hafidzahullahu ta’ala. Dalam wejangannya, beliau menyampaikan tiga hal penting bagi pengurus OSPUM, yaitu al-‘Ubūdiyyah yang bermakna penghambaan kepada Allah I, al-Khidmah yang dimaknai pengabdian kepada sesama manusia, dan al-Kīfah yang dimaknai pengorbanan urusan pribadi demi kepentingan orang banyak. Beliau juga berharap kepada Pengurus OSPUM VI agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

Setelah ditutup dengan do’a, acara dilanjutkan dengan penutupan oleh MC, foto bersama dan ramah tamah. Alhamdulillah, acara dapat terlaksana dengan baik dan lancar, dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. (tqy-red.)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *