PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH PONDOK PESANTREN AL-UMM

Madrasah Aliyah al-Umm Malang dibawah naungan Pondok Pesantren al-Umm Malang, mendapat kunjungan dari Bapak H. Agung Nugroho, S.Pd., M.Pd; selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Aliyah Kementrian Agama Republik Indonesia Kota Malang dan Dra. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag; (yang kali ini berhalangan hadir) dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM). Kunjungan yang dilakukan pada 29 Shafar 1443 H atau yang bertepatan dengan 5 Oktober 2021 M tersebut bertujuan untuk menilai perkembangan madrasah dari segala aspek, meliputi administrasi, organisasi, inovasi, dan lain sebagainya. Utamanya, menilai kinerja kepala madrasah dalam mengembangkan serta menjalankan madrasah.

PKKM yang diselenggarakan di kompleks Pondok Pesantren al-Umm Malang tersebut, dilakukan secara berkesinambungan di dua tempat yang berbeda. Kegiatan sambutan dan ramah tamah dilakukan di Meeting Room YBM pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan presentasi kinerja madrasah yang dilakukan di kantor Madrasah Aliyah al-Umm Malang hingga pukul 14.15 WIB. Dimulai dari al-Ustadz K.H. M. Mujib Anshor, S.H., M.Pd.I; selaku Kepala Madrasah Aliyah al-Umm Malang, yang kemudian dilanjutkan oleh masing-wasing Wakil Kepala, seperti al-Ustadz Abdul Wahid, S.Pd., M.Si; selaku Wakil Kepala Kurikulum, al-Ustadz Rizal Arfiansyah, S.Psi; selaku Wakil Kepala Kesiswaan, al-Ustadz Robby Basyir, S.Ak; selaku bagian Tata Usaha, al-Ustadz Fabi Arika Marsani, S.Pd; selaku bagian perpustakaan, dan lain sebagainya.

PKKM merupakan agenda tahunan, ini adalah kali kedua Madrasah Aliyah al-Umm Malang mengikutinya. Persiapan Madrasah Aliyah al-Umm Malang dalam mengikuti PKKM kali ini sudah dimulai sejak jauh-jauh hari, yang meliputi persiapan kelengkapan administrasi, rincian program pembelajaran, dan lain-lain. Untuk persiapan penyambutan berupa dekorasi dan kebutuan lainnya dipersiapkan sehari sebelumnya.

Adapun dampak PKKM ini bagi madrasah adalah sebagai evaluasi terhadap program-program pembelajaran, kinerja masing-masing tenaga kependidikan, tata kelola administrasi, dan lain sebagainya. Juga sebagai kesempatan untuk mengadopsi inovasi yang dibawa oleh tim penilai dari madrasah-madrasah atau sekolah-sekolah lainnya, yang sesuai untuk diterapkan di Madrasah Aliyah al-Umm Malang. Bagi para santri, PKKM ini berdampak pada perbaikan pelayanan pendidikan yang akan diberikan kedepannya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Hasil dari PKKM kali ini adalah baik. Harapannya, semoga dengan adanya PKKM ini, dapat meningkatkan kualitas belajar-mengajar di kelas serta dapat memperbaiki pelayanan pendidikan dan fasilitas penunjang pembelajaran yang terdapat di madrasah agar lebih baik serta lebih lengkap lagi kedepannya. Terutama dalam mendidik para santri agar dapat menjadi generasi penerus yang beradab dan berprestasi. (saviola-red.)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *