Santri MA Al-Umm Meraih Medali Perak Olimpiade Tingkat Nasional

Salah satu santri putri MA Al-Umm berhasil meraih Piagam Penghargaan Perak dalam Olimpiade GSC 2021 bidang studi Bahasa Inggris tingkat SMA.

Pertengahan September MA Al-Umm mendaftarkan beberapa santri putri untuk mengikuti Olimpiade dari berbagai mata pelajaran diantaranya Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, Komputer, Ekonomi dan Matematika.

Olimpiade tersebut diselenggarakan oleh GARUDA SCIENCE COMPETITION ( GSC 2021). Olimpiade ini ditujukan untuk Pelajar SMP,MTs – SMA MA SMK dari berbagai bidang studi seperti Matematika, IPA, IPS, Astronomi, Biologi, Kimia, Kebumian, dsb. Setiap peserta diwajibkan mengikuti 2 bidang studi dan olimpiade dilakukan secara daring dengan akses CBT.

Olimpiade GSC merupakan olimpiade Level Nasional dengan E-Sertifikat & E-Piagam Berbarcode dan Qualified beserta dengan Nilai Hasil Ujian (Rekomendasi SNMPTN) Terdaftar di Kementerian dengan NO AHU -0006476.AH.01.07.TAHUN 2021

“Jadwal olimpiade yang diikuti adalah Ahad 19 September. Kami pun tidak punya banyak waktu latihan. Khusus Bahasa Inggris, pemantapan materi sekitar 4 atau 5 kali. Namun waktu yang sedikit tidak menyurutkan semangat kami. Di dua pertemuan awal kami latihan dengan soal-soal TOEFL karena kisi-kisi lomba belum diberikan. Setelah kisi-kisi keluar kami menyadari bahwa jenis soal cukup berbeda dengan tipe soal-soal TOEFL. Kami pun memanfaatkan waktu tersisa untuk pengerjaan latihan-latihan soal sekaligus pembahasan bersama pembimbing. Para santri sangat antusias sampai hari H pelaksanaan dibuktikan dengan kerja keras melahap semua materi dan mengerjakan latihan soal. Tidak lupa selalu berdoa memohon yang terbaik dan menjunjung tinggi asas kejujuran saat lomba,” ungkap Ustadzah Choirotun Nisa, guru MA Pesantren Al-Umm.

“Setelah selesai mengikuti lomba, pembimbing sangat bangga terutama dengan kejujuran para santri. Saat pengumuman, kebanggan kami bertambah karena salah satu peserta dari sekolah kami yakni Hafiza Ananthanoer berhasil meraih Piagam Penghargaan Perak. Hafiza berada di urutan ke-18 dari 296 peserta. Perwakilan Al-Umm lain dari Bahasa Inggris yakni Ayeshia Ryasti Mustario menempati urutan ke-77 dari 296 peserta. Hafiza menjadi peserta dari Jawa Timur di peringkat tertinggi. Kami sangat bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan semoga ini menjadi motivasi kami untuk menjadi lebih baik kedepannya,” lanjut Ustadzah Choirotun Nisa.

Total secara nasional ada 10 peserta yang meraih Piagam Penghargaan Emas, 9 peserta meraih Piagam Penghargaan Perak dan 12 peserta meraih Piagam Penghargaan Perunggu.

1 thought on “Santri MA Al-Umm Meraih Medali Perak Olimpiade Tingkat Nasional”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *