WASIAT DAN HADIAH BERHARGA DARI ATASE AGAMA KEDUTAAAN SAUDI ARABIA UNTUK PONDOK DAN SANTRI AL-UMM

Atase Agama Saudi Arabia di Indonesia Syaikh Dr. Ahmad bin Isa al Hazimi حفظه الله berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Umm pada hari Kamis, 24 Shafar 1443 H atau yang bertepatan dengan 30 September 2021 M. Beliau ditemani oleh Wakilnya Syaikh Barroq Bin Abdillah Al Amir. Dikawal oleh Ustadz Farid Hamidi Lc (pegawai kemenag dan anggota MUI Kota Malang), Dr Ali Musri, Dr. Nur Ihsan hafizhahumullah.

Rombongan tersebut tiba di lingkungan pesantren pada pukul 12.45 WIB. Dalam kunjungannya, Alhamdulillah Syaikh Ahmad berkenan memberikan muhadhoroh singkat bertema ilmu. Muhadhoroh diselenggarakan di Masjid Jami’ al-Umm Malang, dan dimulai pada pukul 14.05 WIB. Dalam muhadhorohnya, Syaikh Ahmad menyampaikan banyak hal tentang ilmu. Beliau menyampaikan bahwa ilmu adalah cahaya, ilmu juga merupakan warisan para Nabi, dan ilmu yang paling utama adalah al-Qur’an dan as-Sunnah. Beliau juga membawakan beberapa dalil mengenai keutamaan menuntut ilmu, salah satunya adalah Hadis Nabi r yang artinya “Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” Beliau juga mengingatkan bahwa rasa sombong dan sifat malu dalam menuntut ilmu, dapat menghalangi masuknya ilmu ke dalam diri kita, dan menegaskan bahwa sebelum kita berucap dan berbuat, haruslah berilmu terlebih dahulu.

Selanjutnya, Syaikh Ahmad memberikan nasehat dan wasiat yang sangat berharga. Di antara nasehatnya adalah kita harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu juga dalam mengamalkannya, kita juga harus berdakwah atau menyampaikan ilmu yang sudah kita dapat, dan kita juga harus bersabar dalam menjalankan tiga hal di atas.

Kemudian, diantara wasiat-wasiat beliau adalah agar kita berpegang teguh pada Kitaabullah dan Sunnah Rasulullah, berhati-hati terhadap perpecahan, menjaga sholat, puasa, zakat, menjauhi perkara buruk dan maksiat, serta berbakti kepada orang tua.

Kepada para mudarris beliau berpesan untuk bersemangat dalam menjalankan misi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yaitu berdakwah dan pendidikan yang pahalanya sangat besar. Beliau juga mengingatkan tentang pentingnya mengikuti manhaj salaf sholih dan menjauhi fitnah dan bid’ah.

Alhamdulillah, hampir seluruh santri mencatat ilmu yang disampaikan Syaikh dalam muhadhorohnya. Di akhir muhadhorohnya, beliau mengadakan kuis seputar materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dari tujuh pertanyaan yang diajukan oleh Syaikh Ahmad, tiga di antaranya dapat dijawab dengan baik oleh santri Pondok Pesantren al-Umm Malang, sedangkan empat pertanyaan yang lain dijawab oleh mahasantri Ma’had ‘Aliy al-Aimmah Malang. Setelah kuis berakhir, Syaikh memberi hadiah khusus kepada Pengasuh Pondok Pesantren al-Umm Malang Dr. K.H. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag; berupa mushaf yang ditulis dengan tinta emas, sekaligus menjadi penutup muhadhorohnya.

Kunjungan dari Atase Agama Kedutaan Kerajaan Arab Saudi dan rombongannya siang ini disambut dengan antusias oleh para santri. Semoga para santri dapat mengambil ilmu yang sebanyak-banyaknya dari kunjungan siang ini, sehingga apa yang disampaikan, didengar, dan dicatat dapat bermanfaat bagi para santri  ke depannya, Aamiin. (saviola-red.)

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *